Mulai Dijual, Tiket Pembukaan Asian Games 2018 Capai Rp 5 Juta

Pertengahan Agustus nanti, turnamen olahraga terbesar di Asia yakni Asian Games 2018 akan digelar di Tanah Air dengan Jakarta dan Palembang bersama-sama jadi tuan rumah. Hampir satu bulan sebelum kompetisi itu digelar, persiapan tahap akhir pun mulai dilakukan.

 

Salah satunya adalah perihal penjualan tiket. Sudah sejak awal jika panitia penyelenggara (INASGOC) sepakat dengan pemerintah daerah Jakarta untuk memangkas pajak sehingga tiket bisa murah. Francis Wanandi selaku Deputi II Bidang Games Administration INASGOC menyebutkan kalau tiket upacara pembukaan akan mulai dijual pada pertengahan bulan Juli dengan harga kisaran Rp 250 ribu – Rp 2 juta.

 

Dilangsungkan pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, INASGOC menyediakan 40 ribu tiket ke masyarakat. Kapasitas stadion terbesar di Tanah Air itu memang mencapai 72 ribu, tapi terpaksa dikurangi demi kenyamanan dan kebutuhan pembukaan Asian Games. Namun dari pantauan detik.com di kiostix.com, tiket pembukaan justru dibanderol mulai Rp 750 ribu – Rp 5 juta. Hal ini rupanya jadi perhatian Sandiaga Uno selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta.

 

Sandiaga khawatir kalau harga tiket yang terlalu mahal bisa membuat pertandingan sepi penonton. Bahkan Jakarta siap menggerakkan para murid untuk hadir dalam Asian Games demi meningkatkan antusias. Hanya saja Sandiaga berharap jika Pemprov Jakarta dan INASGOC bisa berdikusi lagi perihal tiket. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, akan ada 45 negara yang memastikan diri hadir di Asian Games 2018 dengan rincian 15 ribu atlet dan 7 ribu offisial. Tingginya antusias peserta ini jadi bukti kalau negara-negara Asia percaya pada Indonesia.

 

Medali dan Lagu Tema Asian Games 2018 Dirilis

 

Sebagai event akbar, Asian Games 2018 memang jadi ajang promosi positif untuk Indonesia terutama dari segi budaya dan pariwisata. Tak heran kalau INASGOC memilih motif batik untuk disematkan pada medali togelpelangi nantinya. Erick Thohir selaku ketua INASGOC menjelaskan jika desain medali mengusung filosofi budaya Indonesia dengan logo Gelora Bung Karno yang mencerminkan energi serta motif batik dalam maskot.

 

Diproduksi oleh perusahaan Indonesia, INASGOC menyiapkan lebih dari 5.000 keping medali dengan rincian 1.700 masing-masing untuk emas dan perak serta 2.200 untuk perunggu. Tak hanya medali, INASGOC pada akhir Juni kemarin juga merilis lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan pedangdut cantik Via Vallen. Popularitas Via yang meroket di Tanah Air dan luar negeri membuatnya terpilih. Bahkan videonya sudah dilihat lebih dari tiga juta penonton Youtube.

 

Jadi Sorotan Asia, Jakarta Berbenah

 

Peninjauan akan lokasi-lokasi pertandingan Asian Games 2018 telah dilakukan jajaran kementrian dan INASGOC. Tak hanya itu saja, sistem Teknologi Informasi (IT) juga telah ditinjau yang menurut Menkominfo Rudiantara sudah beres semua dari segi user, aset dan tes. Kominfo juga melakukan antisipasi atas serangan siber supaya tak mengalami peretasan seperti dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

 

Jakarta pun tak mau ketinggalan berbenah karena masalah kemacetan adalah sorotan utama dalam Asian Games 2018. Bahkan demi kelancaran ajang akbar itu, pemerintah Jakarta akan melakukan perpanjangan sistem Ganjil-Genap hingga 15 jam lamanya dimulai pukul 06.00-21.00 WIB. Di tempat terpisah, Gubernur Anies Baswedan menyebut jika ada tiga wisma atlet yakni di Pondok Indah (Golf), TMII (Pencak Silat) dan Cibubur (Hand Ball) yang tak bisa memenuhi target 34 menit waktu tempuh karena jarak terlalu jauh.

 

Share Button
Top